Kajian Semiotika Pada Objek " Boneka"




 Kajian Semiotika Pada Objek " Boneka"

Tulisan ini saya buat untuk mengkaji tugas kajian seni rupa desain dengan objek "Boneka" beserta semiotika atau ilmu membaca tanda. Boneka ini sangat berharga bagi saya, boneka yang saya dapat dari seseorang yang sangat saya sayangi. Boneka ini bukan hanya sekedar sebuah boneka tetapi banyak sekali arti yang saya dapatkan dari seseorang yang spesial, boneka ini pemberian dari pacar saya yaitu ryevaldy fadilah, saya awal kenal dengan dia tidak menyangka bahwa akan ada rasa sayang terhadapnya, mungkin karena tingkah dia yang lucu, penyayang, walaupun terkadang menyebalkan dan menjengkelkan tetapi dia sangat sayang kepada saya, dia sangat pencemburu karena rasa sayang dia kepada saya sangatlah besar, akhirnya dia memberikan saya sebuah boneka kelinci mungil yang berwarna putih, alasan dia memberikan boneka kelinci ini karena agar saya dapat mengingat dia selama saya melihat boneka tersebut, sangatlah lucu bukan? 

Dia sangat sabar kepada saya dia selalu menjadi support system terbaik, dia juga sangat berusaha untuk membuat saya selalu senang, dia juga sosok yang menjaga saya dari orang-orang yang tidak baik di kehidupan saya, dia selalu ada disaat saya membutuhkannya. boneka ini akan menjadi saksi bisu dari perjalanan kisah percintaan saya dan dia.


 Isi

Semiotika merupakan suatu kajian ilmu tentang mengkaji tanda. Dalam kajian semiotika menganggap bahwa fenomena sosial pada masyarakat dan kebudayaan itu merupakan tanda-tanda, semiotik itu mempelajari sistemsistem, aturan-aturan, dan konvensi-konvensi yang memungkikan tanda-tanda tersebut mempunyai arti.


1. Semantik

Boneka yang diberikan dari kekasih saya sangat berkesan dan sangat berarti bagi saya, karena setiap saya melihat boneka tersebut saya selalu mengingat kepada pacar saya yang akhirnya membuat saya bahagia dan tertawa mengingat tingkah dia ketika bersama saya.


2. Sintaksis 

Disaat memberikan boneka ini, saya dan pacar saya berada di tukang nasi goreng kumis, dia memberikan boneka tersebut disaat saya sedang marah karena dia selalu meledek saya, dan tingkahnya yang sangat menjengkelkan, tetapi dia bisa membuat hati saya nyaman kembali dan gembira karena diberikan sebuah hadiah boneka yang memiliki banyak arti.

3. Pragmatis

Saya sangat bahagia disaat pacar saya memberikan boneka tersebut kepada saya, seketika saya langsung luluh disaat dia mengeluarkan boneka dari tasnya, disaat itulah dia mengungkapkan betapa sayangnya dia kepada saya.

Penanda : 

Boneka spesial pemberian dari pacar saya 

Pertanda : 

Ketika saya melihat boneka itu, seketika saya langsung teringat semua tentang pacar saya, mulai dari perkataan, sikap dan perilaku dia ketika dekat saya, saya sangat bahagia sekali ketika mendapatkan boneka tersebut, boneka itu akan menjadi saksi bisu perjalanan kisah saya dan pacar saya















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Literature Riview 20 Jurnal